The Effect of Facilities on Motivation and Its Impact on Accounting Understanding
Abstract
The purpose of this study is to determine the role of facilities on accounting understanding through motivation as an intervening variable. The research method is quantitative. The population and samples came from active students as many as 112 respondents. The sampling technique used was quota sampling. The results showed that the facilities indirectly affected students' accounting understanding through motivation at STIE Mahkota Tricom Unggul. This means that motivation has a role in mediating facilities on accounting understanding.
Downloads
References
Siti Resmi, Perpajakan Teori dan Kasus, Buku 1 edisi 8. Jakarta: Salemba Empat, 2014.
Notoatmodjo, Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat, 2010.
A. F. Nasib, Mengenal Dasar Manajemen. Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2020.
T. Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE, 2012.
Malayu Hasibuhan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Wardani, “Pengaruh Lingkungan Belajar , Fasilitas , dan Metode Mengajar Guru melalui Motivasi terhadap Hasil Belajar The Effect of Enviromental Education In School , Education Facilities , The Teacher Learning Method Through Learning,” J. Educ. Hum. Soc. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 1307–1315, 2021.
D. S. R. Setiyani, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 2, pp. 390–399, 2018.
D. K. Suharno, “Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional, Spiritual, Sosial dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi,” Res. Fair Unisri 2019, vol. 4, no. 1, pp. 291–300, 2020.
I. K. S. Arsana, “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Sos. Horiz. J. Pendidik. Sos., vol. 6, no. 2, pp. 269–282, 2019.
B. E. Damanik, “Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar,” Publ. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 46–52, 2019.
R. H. Tanjung, “Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2019.
K. M. E. Nurmalasari, “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Pemahaman Matakuliah Pelaporan Dan Laporan Keuangan Dengan Internal Locus Of Control Sebagai Variabel Moderasi ( Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik Unggul LP3M Medan),” in Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8, 2018, pp. 1–12.
F. B. A. N. R. D. Kristianto, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelktual, Perilaku Belajar, Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi,” J. Akunt. dan Sist. Teknol. Inf., vol. 14, no. 2, pp. 351–360, 2018.
V. S. A. A. Hariri, “Pengaruh Motivasi, Self Efficacy, Dan Pemahaman Pada Peraturan Menteri Keuangan No. 111/Pmk.03/2014 Terhadap Minat Berkarir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Konsultan Pajak,” E-JRA, vol. 09, no. 01, pp. 69–84, 2020.
D. H. A. Feranika, “Pengaruh Pengendalian Diri , Motivasi , Perilaku dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa IAI Nusantara Batanghari dan Universitas Dinamika Bangsa Jambi),” BIEJ Bus. Innov. Entrep. Journa, vol. 2, no. 4, pp. 232–241, 2020.
H. Fajarsari, “Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( PPAK ) di Kota Semarang,” Pamator, vol. 13, no. 1, pp. 30–43, 2020.
I. J. A. L. O. Muharram, “Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Berbasis K-13 Di Kabupaten Konawe Selatan,” J. Wahana Kaji. Pendidik. IPS, vol. 1, no. 1, pp. 56–67, 2017.
A. Reski, “Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa,” Musamus J. Sci. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2018.
A. Listiana, “Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya,” J. Pendidik. Akunt., vol. 07, no. 03, pp. 294–300, 2019.