The Role of Motivation in Mediating Competence and Teaching Style Against Accounting Understanding
Abstract
Understanding of accounting has an important meaning both for students and for universities. The purpose of this research is to determine the direct and indirect effect of competency variables and teaching style on accounting understanding through motivation. This type of research is classified as a cause-and-effect research where this research was conducted at STIE Mahkota Tricom Unggul. As for the target population and sample in this study, they are active in the 2019-2020 school year, amounting to 112 people. Where the sampling technique is quota sampling. Where the sample in this study amounted to 112 respondents. Furthermore, the data collection technique used a questionnaire which was distributed to all samples. The questionnaire measurement scale uses the Likert scale. The results showed that competency had a positive and significant effect on motivation. Teaching style has a positive and significant effect on motivation. Competence has a positive and significant effect on accounting understanding. Teaching style has no effect on students' accounting understanding at STIE Mahkota Tricom Unggul. Motivation has a positive and significant effect on student accounting understanding at STIE Mahkota Tricom Unggul. Motivation has no role in mediating competence in accounting understanding. However, motivation has a role in mediating the teaching style of accounting understanding.
Downloads
References
[2] N. P. L. G. N. G. P. Wirawati, “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi,” E-Jurnal Akunt., vol. 28, no. 2, pp. 1377–1404, 2019.
[3] A. A. N. A. Kresnandra, “Pengaruh Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Pemoderasi,” J. Akunt., vol. 28, no. 3, pp. 2065–2075, 2019.
[4] A. D. M. Yanti, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE Mikroskil Medan,” J. Wira Ekon. Mikroskil, vol. 5, no. April, pp. 11–20, 2015.
[5] A. M. M. A. Rozak, “Pengaruh Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi,” Res. Artic., vol. 3, no. 1, pp. 1–17, 2019.
[6] N. M. M. P. I. Nugroho, “Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi,” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akuntansi), vol. 4, no. 1, pp. 257–270, 2020.
[7] A. P. R. Sitawati, “Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Dan Kecerdasan Emosional (Eq) Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Dengan Minat Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa AMIK JTC Semarang Angkatan 2012 - 2014),” Infokom, vol. 1, no. 13, pp. 51–60, 2017.
[8] Siti Resmi, Perpajakan Teori dan Kasus, Buku 1 edisi 8. Jakarta: Salemba Empat, 2014.
[9] Notoatmodjo, Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat, 2010.
[10] A. F. Nasib, Mengenal Dasar Manajemen. Jawa Tengah: CV. Pena Persada, 2020.
[11] S. Nisa, “Pengaruh Motivasi Dan Sikap Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengambil Profesi Chartered Accountant (CA) Pada Universitas Islam Swasta Di Kota Medan,” J. Mutiara Akunt., vol. 04, no. 1, pp. 49–62, 2019.
[12] M. A. P. A. N. Yushita, “Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. XV, no. 2, pp. 63–77, 2017.
[13] V. S. Subowo, “Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 1, pp. 29–44, 2018.
[14] A. R. A. Nurkhin, “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi,” Liabilities J. Pendidik. Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–23, 2020.
[15] Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
[16] F. B. A. N. R. D. Kristianto, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelktual, Perilaku Belajar, Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi,” J. Akunt. dan Sist. Teknol. Inf., vol. 14, no. 2, pp. 351–360, 2018.
[17] A. Wibowo, Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media, 2012.
[18] S. Asra, Sumiati Dan Asra. Bandung: Sumiati Dan Asra, 2011.
[19] A. Listiana, “Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya,” J. Pendidik. Akunt., vol. 07, no. 03, pp. 294–300, 2019.
[20] N. M. I. P. N. M. D. Ratnadi, “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial Dan Kinestetik Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi,” J. Akunt., vol. 30, no. 1, pp. 130–146, 2020.
[21] R. W. M. A. P. Prasetio, “Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University,” J. Penelit. Pendidik., pp. 94–102, 2018.
[22] Es. S. I. S. Subagio, “Pengaruh Kompetensi dan Pemahaman Sistem Informasi Akuntansi Serta Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan,” J. Law, English,and Econ., vol. 01, no. 01, pp. 11–27, 2019.
[23] F. H. S. B. S. A. A. N. . Dwirandra, “Motivasi Sebagai Pemoderasi Pengaruh Kompetensi Dan Teknologi Informasi Pada Penerapan Akuntansi Berbasik Akrual,” E-Jurnal Ekon. dan Bisnis Univ. Udayana, vol. 5, no. 8, pp. 2403–2430, 2016.
[24] A. M. R. M. M. A. H. Putra, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS,” J. Darussalam J. Pendidikan, Komun. dan Pemikir. Huk. Islam, vol. 10, no. 2, pp. 375–387, 2019.
[25] F. N. I. ; A. Q. Djaelani, “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Kinerja Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang,” e – J. Ris. Manaj., pp. 49–65, 2020.
[26] I. J. A. L. O. Muharram, “Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Berbasis K-13 Di Kabupaten Konawe Selatan,” J. Wahana Kaji. Pendidik. IPS, vol. 1, no. 1, pp. 56–67, 2017.
[27] L. Cahaya, “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngebruk 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang,” in Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 2020, vol. 4, pp. 461–471.
[28] R. Hariyani, “Kompetensi Dosen Yang Memengaruhi Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Akademi Sekretari Dengan Locus Of Control Internal Sebagai Variabel Moderasi,” J. Sekr. Adm., vol. 17, no. 1, pp. 1–14, 2019.
[29] A. Kadir, “Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik Iain Kendari,” Al-Izzah J. Hasil-Hasil Penelit., vol. 13, no. 1, pp. 1–15, 2018.
[30] R. Gumilar, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Penelitian Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran),” J. Siliwangi, vol. 5, no. 1, pp. 44–46, 2019.
[31] I. P. S. R. Sartika, “Pengaruh Perilaku Belajar, Gaya Mengajar Dosen, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi,” Menara Ekon., vol. IV, no. 2, pp. 39–49, 2018.
[32] V. S. A. A. Hariri, “Pengaruh Motivasi, Self Efficacy, Dan Pemahaman Pada Peraturan Menteri Keuangan No. 111/Pmk.03/2014 Terhadap Minat Berkarir Mahasiswa Akuntansi Sebagai Konsultan Pajak,” E-JRA, vol. 09, no. 01, pp. 69–84, 2020.
[33] D. H. A. Feranika, “Pengaruh Pengendalian Diri , Motivasi , Perilaku dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa IAI Nusantara Batanghari dan Universitas Dinamika Bangsa Jambi),” BIEJ Bus. Innov. Entrep. Journa, vol. 2, no. 4, pp. 232–241, 2020.
[34] H. Fajarsari, “Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( PPAK ) di Kota Semarang,” Pamator, vol. 13, no. 1, pp. 30–43, 2020.
[35] D. S. R. Setiyani, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Melalui Motivasi Belajar,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 2, pp. 390–399, 2018.